Sunday 15 May 2011

Cara Merawat atau Menjaga Gitar Agar Bagus, Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Gitar memang barang yang mudah rusak, artinya tidak bisa kita service (misalnya bolong atau patah, tidak mungkin dong kita tambal atau sambung di bengkel? Haha). Namun biarpun tidak ada layanan service gitar (tidak tahu juga ada apa tidak adanya), tapi anda masih bisa menjaga atau merawat gitar tentunya. Berikut ini adalah sedikit trik saya dalam merawat gitar.

- Jangan sampai terkena air, karena air dapat menggumpalkan cat gitar dan memelarkan kayu sehingga gitar akan tidak enak didengar bunyinya. Kalau terkena air, segeralah mengelapnya dengan kain atau kertas kering. Air juga bisa berasal dari keringat Anda sendiri, jadi sebaiknya laplah gitar setelah dimainkan.
-Kendorkanlah senar, karena dengan mengendorkan senar gitar, leher gitar tidak akan jadi bengkok. Kendorkanlah 5 senar dan 1 senar jangan dikendorkan karena untuk patokan bunyi, dan saran saya jangan kendorkan senar nomor 1 karena senar nomor 1 adalah senaryang paling sensitive yang mudah patah. Jadi kendorkanlah 5 senar selain senar nomor 1, tapi itu tidak harus. Anda bisa memilih senar mana yang dikendorkan dan senar apa yang tidak dikendorkan. Oh iya cara ini hanya untuk anda yang punya waktu bermain gitarnya lama seperti pemuda/i, kalau untuk anda yang kebanyakan kerja sih tidak usah karena kelamaan dong main gitar harus di stem-stem dulu. Tapi inget loh ini adalah salah satu yang paling penting.
-Taruhlah gitar dengan pelan-pelan agar gitar tidak lecet apalagi sampai berlubang. Bagi Anda yang sering terburu-buru, sebaiknya berilah atau taruhlah gitar pada tempat yang mempunyai spons seperti bantal atau bantal kursi. Anda juga bisa menggantungkan gitar daripada meninggalkannya dilantai dan khawitir terinjak atau mungkin mengganggu volume ruangan ruangan.
-Gunakan steman/stelan gitar yang kendor, artinya anda mengendorkan nada senar namun tetap dalam susunan eADGBE. Dengan mengendorkan senar gitar atau menggunakan steman kendor, dijamin gitar anda akan tahan lama, awet, panjang umur, terus jaya hahaha, itu kalau cara ini dikombinasikan dengan cara-cara lain di atas. Tapi cara ini hanya untuk yang betah saja, kalau tidak betah ya tidak usah dipakai juga tidak apa-apa. Saya sendiri tidak jarang memakai steman kendor.

Ok mungkin segitu saja tipsnya, kalau Saya punya lebih Saya akan mengeposkannya.

1 comment:

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.