Saturday 25 August 2012

Belajar PHP: Penggunaan Fungsi $_GET dan $_POST

Fungsi $_GET dan $_POST berguna untuk mendapatkan data tertentu yang cara pengambilannya menggunakan perintah url. $_GET digunakan untuk meminta data dari variabel. Contoh: $age = $_GET['umur']; artinya $age meminta isi dari variabel umur. $_POST digunakan untuk menyetorkan data dari variabel. Contoh: $age = $_POST['umur']; artinya $age menyetorkan isi dari variabel umur. Contohnya, http://artikelmewah.blogspot.com/?m=1
dalam url diatas ada m=1 dan itu artinya variabel m mempunyai nilai 1.
Sedangkan yang saya tahu, tanda ? itu hanya tanda saja bahwa halaman itu menggunakan fungsi $_GET atau $_POST contohnya index.php?a=1&b=2&c=3
Biasanya url seperti diatas menggunakan fungsi $_GET atau $_POST yang dikombinasikan form html untuk memasukkan datanya tapi tidak semuanya didapatkan dengan suatu script tertentu. Contohnya di blogspot url seperti http://artikelmewah.blogspot.com/?m=1 m=1 diatas artinya tampilan mobile true (ya), jika yang keluar m=0 (atau tidak ada m) itu artinya tampilan mobile false (tampilan desktop). Dan variabel m dalam url diatas didapatkan dengan mendeteksi user agent dari browser yang digunakan untuk mengakses alamat tersebut.
Contoh penggunaan fungsi $_GET dan $_POST:
<?php
$link = $_GET['link'];
if(!$link) {
echo "<form methode='post' >
<input type='text' name='link'/>
<input type='submit' value='ok'/></form>";
} else {
echo "link yang kamu adalah $link;}
?>
Penjelasan:
$link adalah variabel dalam PHP, boleh diganti dengan lainnya misalnya $saya, $test dll.
$_GET['link'] link disitu bisa juga diganti tetapi name='link' juga harus diganti. Intinya $_GET['apa'] didapatkan dengan form input dengan tambahan variabel name='apa'.Disana ada perintah if dan else, if else digunakan untuk menyatakan suatu kondisi (dilain kesempatan saya akan membahas ini)
Note: $_GET dalam script diatas bisa juga diubah menjadi $_POST
Happy Coding, semoga artikel saya membantu.

8 comments:

  1. $_GET[] , $_POST[] sama?

    ReplyDelete
  2. THANKS uda kasi solusi ttg $_GET[] , $_POST[] :D

    ReplyDelete
  3. Perbedaan $_GET[] & $_POST biasanya terletak pada kemunculan url di address bar, biasanya $_GET[] akan menampilkan valuenya di address bar sedangkan $_POST tidak. Contoh:
    $_GET[] => di address bar => http://localhost/?pergikehal=artikel

    ReplyDelete
  4. Berarti lebih bagus pakei $_POST yah, karena value tidak ditampilkan di address bar? Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  5. sebenernya penggunaannya sesuai kebutuhan aja..kalo umumnya $_POST[] itu digunakan untuk kirim data dengan menggunakan form atau contohnya buku tamu. dan $_GET[] biasa digunakan untuk ketentuan yang dibuat dalam suatu web..seperti pembuatan tombol navigasi..di address biasanya '?page=1' dengan 1 itu adalah ketentuan yang dibuat untuk menampilkan berapa data yang ditampilkan.

    ReplyDelete
  6. pas ini untuk ngerjakan tugas kampus

    ReplyDelete

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.