Thursday, 17 February 2011

Cara Mudah Belajar / Tutorial Bermain Gitar Untuk Pemula

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara bermain gitar, menunjukan chord-chordnya atau kunci-kunci dasarnya.
Bermain Gitar Tidaklah Sulit, yang kita butuhkan adalah belajar dan belajar.
Eits tapi harus ada gitarnya donk, hehe.

Baiklah ayo kita belajar bermain gitar.
Gitar adalah alat musik yang memiliki 6 senar. Senar yang paling bawah disebut senar ke 1 dan senar paling atas disebut senar ke 6.
Senar 1 bernada E
Senar 2 bernada B
Senar 3 bernada G
Senar 4 bernada D
Senar 5 bernada A
Senar 6 bernada e
(hasil suara nada tanpa menekan fert)
Kolom kolom pada gitar di sebut fert. Fert ke 1 di hitung dari ujung yang paling kiri (bagi left handed dari ujung yang paling kanan).
Setiap fert memiliki nada, berikut susunan nada dalam gitar:
F
F# / Gb
G
G# / Ab
A
A# / Bb
B#
C
C# / Db
D
D# / Eb
E
E# / F

ket:
A, B, C, D, E, F, G = kunci / nada dasar
# = naik setengah nada (1 fert) dari nada dasar, di baca is (A# = Ais, C# = Cis)
b = turun setengah nada dari nada dasar di baca es (Ab = As, Bb = Bes)
m = Minor (Am = Aminor)

Belajar gitar bisa dilakukan dengan 2 cara, antara lain :
A. Belajar secara otodidak
B. Belajar kepada orang lain yang sudah bisa bermain gitar.

Baiklah karena cara ke 2 (B. Belajar kepada orang lain yang sudah bisa bermain gitar) sudah tentu akan di jelaskan oleh orang yang mengajarkan, maka kali ini saya akan membahas tentang cara bermain gitar secara otodidak/belajar dengan sendirinya, artinya tidak belajar secara langsung pada orang lain (face to face) tapi hanya dengan membaca buku, menonton video dan sebagainya.

Pertama-tama kamu harus mengenal dan menghafal kunci-kunci dasar (jangan kunci yang balok dulu) seperti A, Am, C, D, Dm dan lainnya.
Kalau sudah tahu dan hafal kunci-kunci dasarnya kamu tinggal melatih jari-jari tangan kamu agar terbiasa dengan kunci-kunci itu (kalau belajar gitar, bersiap-siaplah dengan rasa panas di ujung jari kamu. Tapi jangan khawatir, setelah ujung jari kamu sudah keras maka panas itu tidak akan terasa lagi).
Nah, setelah sudah terbiasa, cobalah memencet salah satu kunci lalu mengocoknya/memetiknya (menggembrengnya) dan ketika sudah lancar mengocok kamu tinggal melatih tangan kamu agar dapat berpindah cepat dari kunci satu ke kunci yang lain misalnya dari C ke Am ke Dm ke G atau kombinasi yang lainnya (yah, cobalah nyanyikan beberapa lagu yang gampang chordnya kaya lagu-lagunya st12 dan peterpan.
Nah yang tersulit dalam belajar gitar adalah menggunakan kunci balok. Ini membutuhkan tekanan jari yang kuat agar senar berbunyi seperti yang seharusnya. Saran saya gunakanlah setelan kendor saat belajar memainkan kunci balok (kalau tidak bisa menyetelnya, minta tolong pada orang yang bisa. Kalo tidak ada yah terpaksa harus belajar dengan setelan/tuning/steman standar).
Kalau jari-jari kamu sudah terbiasa dengan kunci balok dengan setelan kendor, barulah kamu coba setelan biasa/standar. Mungkin akan terasa sedikit sakit, tapi tidak apa apa nanti juga terbiasa.
Setelah cara diatas sudah kamu lakukan, cobalah untuk belajar menyetem gitar.
Silahkan baca disini untuk cara menstem atau menyetel atau tuning gitar.

Biasanya setelah orang bisa bermain gitar, mereka pasti ingin belajar melodi. Tapi belajar melodi membutuhkan skill individu dan bakat tertentu. Ya walaupun belajar melodi dapat di pelajari, tapi tetap tergantung skill individu. Makanya bagi yang susah buat belajar bermelodi, bersabarlah dan terus belajar.
Tapi saya akan kasih sedikit tips tentang belajar bermelodi.
Bermelodi tidaklah asal asalan memetik atau menekan senar, bermelodi juga memiliki kunci. Nih kuncinya :
Setiap fert memiliki nadanya masing-masing kita mulai dari senar 6 fert
1 bernada F
2 bernada F#
3 bernada G
4 bernada G#
5 bernada A
6 bernada A#
7 bernada B
8 bernada C
9 bernada C#
10 bernada D
11 bernada D#
12 bernada E
Jika fert masih ada itu berarti nadanya F dan di urutkan lagi seperti yang di atas.
Setiap nada pada fert 5 itu sama dengan senar di bawahnya (contoh, fert 5 senar 6 bernada A. jika kita memetik senar 5 maka nadanya akan sama A. Itu berarti fert 6 senar 6 sama nadanya dengan fert 1 senar 5. Begitupun dengan senar lain, kecuali senar 3. Pada senar 3 fert 5 bernada sama dengan fert 1 senar 2, itu artinya fert 4 senar 3 lah yang sama dengan nada senar 2 tanpa fert)
Jadi intinya setiap nada dalam senar selalu berhubungan dan berputar-putar. Dari nada F ke F# ke G ke G# sampai ke E dan setelah E maka fert berikutnya bernada F dan seterusnya.

Oh iya ini Daftar-daftar chord dengan gambarnya. Semoga postingan saya ini bermanfaat bagi kamu dan bookmark url ini ok.

31 comments:

  1. Mantap bro sudah share, salam gitaris :)Kunjungi juga BLog saya tentang Panduan Belajar Gitar :)

    ReplyDelete
  2. Wow... Keren... || Oiya, aku punya blog untuk games online nih, khususnya game Facebook.

    kumpulan Cheat Game Facebook

    ReplyDelete
  3. Ijin COPAS ya.... :)

    ReplyDelete
  4. Web Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
    dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
    Klik atau copy paste link berikut:

    http://tinyurl.com95tbzuv

    bisnis ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai blog  karena komisi 100% untuk member dan data member yang di tampilkan di web replika.nah... anda tinggal tampilkan web replika anda nanti nya di blog dan membuat link/terhubung, praktis bukan...
    Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

    sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

    ReplyDelete
  5. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang cara belajar bermain gitar.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  6. salam kenal bagi yg ingin belajar gitar secara lengkap silahkan ke www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    ReplyDelete
  7. Ijin COPAS ya bro. :), terimakasih banyak..bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  8. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  9. Izin copas juga dah gan di web baru ane.. Hehe.. Sukses!!

    ReplyDelete
  10. informasi sangat bermanfaat gan, salut saya

    ReplyDelete
  11. gan, bedanya kunci balok sama kunci gantung itu apa ya

    ReplyDelete
  12. saya masih pemula banget nih bro, terimakasih ya, saya ingin belajar gitar dengan tekun agar bisa menguasai gitar dan bass

    ReplyDelete
  13. rajin latihan adalah KUNCI nya.
    nice posting gan :)
    maen-maen juga ya keBlog Tutorial Gitar ane http://will-tutorialgitar.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. mudah kalau emang udah niat gan.
    nice posting gan ;)

    ReplyDelete

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.