Saturday 26 February 2011

J-rocks

  • Sejarah Singkat Terbentuknya J-Rocks


Awal mula band ini terbentuk adalah dari ide sang vokalis yaitu iman, iman yang merupakan gitari funky kopral ( sekarang bernama funkop ) pada tahun 2001 keluar dari funkup dan berencana membuat band sendiri yang mengusung aliran japenese rock dengan wima yang sudah ngeband bersama iman sejak SMP. Ketika iman melihat audisi pencarian gitaris baru funkup, iman bertemu sony yang saat itu mengikuti audisi itu. Lalu iman pun mengajak sony yang skillnya dalam bermain gitar begitu hebat dan sony pun tertarik dengan ajakan iman untuk membentuk sebuah band beraliran japanese rock. Dan dengan di ajaknya sony bergabung dengan band ini tinggalah mencari vokalis dan drummer. Sony yang mempunyai teman yang pandai bermain drum yaitu anton langsung mengajak anton untuk bergabung dan anton pun mau.
Setelah sekian lama mencari vokalis dan ternyata tidak ketemu juga maka di angkatlah iman sebagai vokalis.



  • Di Balik Nama J-rocks

J-rocks adalah sebuah band asal jakarta yang berdiri pada 9 november 2003 dengan personel :
- Iman di Vokal, gitar
- Sony di Gitar
-Wima di Bass
-Anton di Drum
Dan mengusung aliran japanese rock ( alirannya memang banyak, tapi identik dengan japanese rock ).

Pada awalnya j-rocks ( jr ) bernama j-rockstars ( jrs ) yang berawal dari ide sebuah stiker bertuliskan rockstars, dengan harapan suatu saat akan menjadi rockstars ( bintang bintang musik rock ). Tambahan huruf "J" di depannya adalah untuk mewakili aliran musik mereka yaitu japanese rock dan bisa juga di artikan sebagai Jakarta ( bisa juga jawa, haha ) dan itu artinya nama j-rockstars memiliki arti japanese rockstars ( bintang bintang musik rock jepang ) atau jakarta rockstars ( bintang bintang musik rock jakarta ).

J-rocks mengganti nama mereka dari j-rockstars menjadi j-rocks pada saat mengikuti ajang 'Nescafe Get Started' tepatnya pada awal 2004, itu di karenakan di kira terlalu panjang sehingga mereka menggantinya menjadi j-rocks nya saja agar mudah dihafal. Dan kini nama j-rockstars adalah nama panggilan bagi para fans j-rocks. J-rockstars mempunyai yel yel yaitu " J-rockstars !! SATU SPIRIT !!! ", untuk kapan, dimana dan siapa yang membuat yel yel itu saya tidak tahu, mungkin anda tahu...? ( ga mungkin saya yang buatkan..?, hehe ) tapi yang pasti yel yel itu tercipta setelah album ke dua j-rocks yang bertajuk "Spirit" dirilis.
J-rocks sempat mendapat pro dan kontra dari pecinta musik Jepang di Indonesia, apalagi dari penggemarnya L'Arc~En~Ciel yaitu laruku . Sebagian laruku di Indonesia berpendapat bahwa gaya berbusana dan gaya bermusik dari j-rocks terkesan mengikuti dan meniru gaya berbusana dan gaya bermusik dari L'Arc~En~Ciel.
J-rocks juga sempat menjadi perbincangan hangat karena namanya yang seakan mewakili genre / aliran musik mereka.



  • Sejarah singkat J-rocks

J-rocks berdiri pada tanggal 9 November 2003 dengan nama j-rockstars dan di ubah menjadi j-rocks ketika mengikuti ajang musik Nescafe Get Started pada awal 2004. Pada awal tahun 2004 j-rocks mengikuti ajang musik "Nescafe Get Started" yang di sponsori oleh Nescafe, Trans Tv, dan Aquarius Musikindo. Dan j-rocks pun menjuarai kompetisi itu dengan masing masing personel meraih penghargaannya yaitu :
iman - best vokalist
sony - best guitarist
wima- best bassist
anton- best drummer
dan berkesempatan membuat album kompilasi Nescafe Get Started yang merupakan awal bentuk kerjasama mereka dengan aquarius musikindo. Dan pada pertengahan tahun 2005 j-rocks merilis album pertama mereka yang bertajuk "Topeng Sahabat" yang berlabelkan aquarius musikindo dan beberapa lagu mereka yaitu "serba salah" dan "into the silent" menjadi soundtrack dari film dealova.

Nama j-rocks semakin tenar dan tersebar saat album kedua mereka yang bertajuk "Spirit" diluncurkan pada tahun 2007.
Di album ini j-rocks seakan bermusik dari hati mereka, karena di album spirit ini j-rocks memainkan bermacam-macam beat, tempo, bahasa dan aliran musik atau genre. Seperti Jazz rock pada lagu juita hati, waltz / victorian pada lagu tersesal, symphonic metal pada aku harus bisa dan banyak genre genre lain di lagu lagu j-rocks dalam album spirit seperti blues, classic dan lain lainnya.

Pada lagu yang berjudul "kau curi lagi", j-rocks berkolaborasi atau featuring dengan prisa rianzi dan melakukan pembuatan video klipnya di jepang. Sama halnya akan video klip lagu kau curi lagi, video klip lagu juwita hati pun di buat di jepang dan di garap oleh tedy suryawan. Di video klip ini diceritakan bahwa 3 orang remaja yaitu shalvynne chang, sato dan boppy yang mengejar j-rocks kemana pun mereka pergi. Video klip ini di buat di kawasan shibuya, Jepang. Dan karena konsep video dan lagunya, video klip juwita hati pun populer di Indonesia.

Baca Lanjutannya di J-rocks II yach.

No comments:

Post a Comment

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.