Saturday 9 June 2012

Tutorial Cara Termudah Menstem/Menyetel/Tuning Senar Gitar

Sekarang saya akan mencoba memberikan artikel tutorial mengenai bagaimana cara termudah menstem/menyetel/mentuning nada pada gitar akustik (accoustic) ataupun elektrik (electric).
Ada 3 cara untuk menstem gitar.
Cara 1 - menyamakannya dengan tuts tuts pada piano, atau menyamakan nada setiap senar dengan gitar yang sudah terstem.
Cara 2 - Cara Manual A, menggunakan insting. Stem gitar, lalu mainkan sebuah chord/kunci gitar, stem dan mainkan terus sampai kamu merasa itu steman gitar sudah pas.
Cara 3 - Cara Manual B,
Jika salah satu senar gitar kamu sudah mempunyai nada yang benar, misalnya senar nomor 1 sudah berbunyi e, jika belum yakin kamu bisa menyamakannya dengan tuts piano atau gitar lain tapi hanya satu nada saja selanjutnya begini caranya.
Jika senar nomor 1 sudah benar berbunyi e, maka sekarang tekan fert ke 5 pada senar ke 2, bunyikan, sudah sama kah dengan senar nomor 1 yang berbunyi e (tekan menekan fert). Jika sudah sama maka lanjut ke senar nomor 3, samakan fert ke 4 senar nomor 3 dengan senar nomor 2 yang berbunyi B (tanpa menekan fert). Jika sudah sama maka lanjut ke senar nomor 4, samakan fert ke 5 senar nomor 4 dengan senar nomor 3 yang berbunyi G (tanpa menekan fert). Jika sudah sama maka lanjut ke senar nomor 5, samakan fert ke 5 senar nomor 5 dengan senar nomor 4 yang berbunyi D (tanpa menekan fert). Jika sudah sama maka lanjut ke senar nomor 6, samakan fert ke 5 senar nomor 6 dengan senar nomor 5 yang berbunyi A (tanpa menekan fert). Maka senar nomor 6 akan berbunyi E.
Jika nada senar kamu tidak ada yang benar dan tidak ada piano/gitar untuk menyamakan nada maka kamu bisa menggunakan alat khusus untuk menstem gitar atau mendownload software atau aplikasi guitar tuner untuk PC, atau HP. Search saja di google banyak kok yang gratis, salah satunya yang akan saya bagikan adalah aplikasi Guitar Tuner untuk HP Nokia Java yaitu TinyTuner.jar (klik untuk mendownload).

3 comments:

  1. bro ijin copy, buat share sama" temen" :D
    Thx

    ReplyDelete
  2. wah mantab nih.,

    ijin copas buat belajar ya :D

    thx

    ReplyDelete
  3. izin copas utk belajar ... Thanks ^_^

    ReplyDelete

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.