Friday 25 November 2011

Cara Mudah Dan Cepat Membaca Tab (Tablature/Tabulasi) Gitar

Hari ini fajar akan mencoba menjelaskan kepada sobat mewah bagaimana caranya membaca tab atau tablature untuk pemula ?
Disini yang saya coba jelaskan adalah tentang membaca Tab Gitar, karena selain gitar banyak juga tablature alat musik lainnya.
Sebenarnya membaca tab tidaklah begitu sulit, hanya yang harus kita perhatikan dalam membaca tab adalah kita harus selalu teliti dalam membacanya. Memang pertama kali kita melihat tab pasti akan merasa bingung dan enggan untuk mencoba membacanya, namun ternyata setelah saya belajar selama beberapa hari akhirnya saya mengerti cara membaca tab gitar. Saya sendiri sebenarnya sudah lama bisa membaca tab gitar, namun saya masih belum bisa menulis tab (mungkin lebih tepatnya kurang berani, karena takut salah). Saya akui, saya pun belajar melalui internet dan jujur menurut saya tutorial yang mereka buat malah membingungkan saya dan akhirnya down lah lagi semangat saya buat belajar membaca tab. Nah disini saya akan coba menjelaskan sesimple mungkin kepada kamu.
Let's begin...
E|--
A|--
D|--
G|--
B|--
e|--
adalah tuning standard.
E senar nomor 6
A senar nomor 5
D senar nomor 4
G senar nomor 3
B senar nomor 2
e senar nomor 1
Jika ada tab seperti
E|--1-
A|--3-
D|--3-
G|--2-
B|--1-
e|--1-
itu artinya kunci F, kunci/chord dalam Tab akan ditulis sejajar.
E|--1
A|----3
D|------3
G|--------2
B|----------1
e|----------1
itu artinya tekan senar E kolom ke 1 dilanjutkan dengan senar A kolom ke 3 lalu senar D kolom ke 3 kemudian senar G kolom ke 2 dan tekan senar B dan e secara bersamaan pada kolom ke 1.
Jadi intinya baca tab dari kiri ke kanan tidak peduli itu dari atas atau dari bawah. Dan biasanya dalam tab terdapat tanda tanda seperti /, \, r, b, dll, itu sebanarnya ibarat tanda baca (sandangan) dalam tulisan arab. Ok ini sedikit tanda baca yang saya tahu.
b = bend, biasanya pasangannya sama r (release/lepas), jadi misalnya :
||-2b3r2--
b = bend
r = release
itu artinya sekali petik kita sudah menekan senar fert ke 2, lalu 3 dan 2 kembali. Ingat, dalam 1 petik saja.
Kalo s itu slide, sama dengan / (slide up) dan \ (slide down).
Contoh:
||--3s7s5--
artinya tekan fert ke 3 lalu tarik ke fert 7 (slide up) dan tarik lagi ke fert 5 (slide down), dalam sekali petik.
||--3s7s5--
bisa juga ditulis
||--3/7\5--
/ = slide up
\ = slide down
untuk lebih lengkapnya kamu bisa search di google, tapi biasanya dibagian bawah atau atas terdapat daftar (legenda kalau di peta) tanda baca tab.
Jadi udah pada paham belum nih?
Gampang kok, baca dari kiri ke kanan, kalau ada angka yang sejajar artinya dipetik dan ditekan secara bersamaan. Kalau membaca tab gitar, kamu seharusnya benar-benar teliti mendengar dan menghafal lagu yang akan kamu baca tablature gitarnya.
Kalau mau tanya silahkan komentar atau bisa langsung email saya.

8 comments:

  1. hm., iya ngerti...
    Ternyata gampang yah, tapi gimana dengan cara baca yang huruf2 kaya b, s, /, \ atau yg laennya...

    ReplyDelete
  2. thanks gan....
    Ternyata mudah ya....

    Klok gtu q mau praktekin ahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara baca tab gitar emang susah gan pas pertamanya, tapi akan menjadi gampang kalau udah ngerti basicnya

      Delete
  3. klu msal'xa ad tnda ky gni 2p3h?itu kyak ap!

    ReplyDelete
  4. saya kurang tahu p & h itu apa artinya, tapi setahu saya p itu pull off, untuk lebih jelasnya lihat petunjuknya p itu apa dan h itu apa (biasanya ada dibawah/atas tab)

    ReplyDelete
    Replies
    1. p itu artinya pull-off
      h itu artinya hammer-on.
      sebenarnya gampang sekali gan, cara membaca tab gitar untuk pemula

      Delete

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.