Wednesday 13 April 2011

Domain .co.tv Gratis (MATI!!)

Bagi para blogger pemula (seperti saya) pasti sering nyari-nyari informasi tentang bagaimana cara dapat domain gratis? Domain gratis yang seperti apa dulu, kalau domain gTLD(generic top-level-domain) kaya .com, .net, .org itu susah karena syaratnya itu pasti harus refferal beberapa orang atau mengajak beberapa orang terlebih dahulu untuk mendaftar ke situs penyedia domain gTLD gratis tersebut(seperti di sini), jadi kita harus nunggu orang lain daftar dulu(kalo ga ada yang daftar gimana? Ribetkan...?). Nah kalau domain gratisnya domain ccTLD(country code top-level-domain), mungkin bisa karena beberapa subdomain(karena domain ccTLD lebih mirip subdomain seperti .co.id. co=domain, id=extension, jadi saya disebut subdomain saja) ccTLD gratis seperti ccTLD negara tuvalu(saya juga kurang tau tuvalu itu negara/negara bagian) yaitu .co.tv(seperti subdomain allfuns.co.tv ini). Subdomain .co.tv bisa kita dapat dengan mudah, kamu tinggal pilih nama subdomain kamu (dalam memilih domain usahakan singkat dan mudah diingat) diwww.co.tv, setelah domain yang kamu pilih diizinkan kamu akan diarahkan untuk mendaftar (kalau kamu sudah mendaftar terlebih dahulu sih ga perlu) dan setelah kamu terdaftar dan terlogin kamu setup dulu domain kamu tadi di control panel=>domain=>setup. Setuplah DNS records kamu dengan
host:www
type:CNAME
value:ghs.google.com
dan kamu sudah dapat domainmu (ingat, sudah punya domain bukan berarti kamu bisa langsung mengaksesnya, kamu juga harus menyambungkannya ke hosting dan blogmu), kamu tinggal memasang domainmu di blog dan hostinganmu (caranya tanya aja sama om google, saya tahu tapi susah ngejelasinnya karena jujur saya membangun dan mengelola blog ini hanya bermodalkan hp dan gprs saja dan saya juga belum ahli dalam membuat tutorial).
Catatan : setiap account cuma di izinkan buat 3 domain, setiap domain yang teregister dan belum di setup dalam 24jam maka akan terhapus dan domain berlaku untuk satu tahun tapi setelah itu kita bisa mendaftarkannya kembali, berbeda dengan subdomain .co.cc. Yang hanya berlaku satu tahun dan selanjutnya berbayar. Tapi trik agar kita bisa terus menggunakan subdomain .co.cc yaitu dengan menghapus dan mendaftarkan subdomainmu kembali.
Oh iya sebelum login pastikan dulu kamu mengkonfirmasi account kamu, klik url konfirmasi di email yang kamu daftarkan.

Semoga membantu yah, kalo ada kekurangan mohon dimaafkan.

Update: sudah mati

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Agus Zuhdi : domain atau subdomain .co.tv hanya berlaku untuk satu tahun dan bisa didaftarkan kembali dengan gratis... Mau coba atau udah dicoba ?

    ReplyDelete

Katakan pendapatmu tentang ini dan bagikanlah ke lainnya jika kamu suka artikel mewah ini.